Langsung ke konten utama

CARA PERBAIKI LCD SONY W705

Untuk menjadi seorang yang ahli, calon teknisi harus banyak terjun langsung memperbaiki ponsel yang rusak. Namun tentu saja dalam prosesnya sebagai orang yang baru dalam bidang ini, para siswa harus dibimbing oleh pengajar yang berpengalaman. Seperti di VTIGA pada sesi pelajaran studi kasus, para siswa membawa ponsel rusak untuk diperbaiki bersama-sama dengan pengajar. Saat ada kesulitan, pengajar akan membantu menyelesaikan sampai tuntas.

Suatu kali pada sesi pelajaran studi kasus, seorang murid membawa ponsel Sony Ericsson W705 yang layarnya blank , tidak bisa menampilkan gambar. “Sudah saya coba diisi ulang programnya namun tetap sama. Saya bingung pak, ada yang bilang rusak software, ada juga yang berpendapat hardware-nya, yang benar yang mana ya?” Tanya si murid. Segera saya jawab pertanyaan si murid dan kasus tersebut dikerjakan bersama-sama sampai selesai.

Pada kesempatan kali ini, VTIGA hendak membahas cara perbaikan kerusakan LCD blank pada Sony Ericsson W705.

Untuk menyelesaikan kasus si murid tadi, sebagai seorang teknisi, kita harus bisa menganalisa dan memastikan dengan tepat dimana letak kerusakan ponsel tersebut. Jelas antara kerusakan software dan hardware sangat berbeda penyelesaiannya. Untuk memastikannya ada beberapa cara, namun yang paling mudah adalah dengan melihat pemakaian arus listrik ponsel tersebut. Pada saat kerusakan software, handphone pada umumnya menjadi ‘hang’ dan pemakaian listriknya pun cenderung tetap.

Jadi pada saat dipantau menggunakan power supply, jarum ampere akan naik lalu diam. Berbeda dengan kerusakan pada modul rangkaian LCD, pemakaian arus sangat dinamis, jarum ampere pun akan bergerak-gerak sesuai dengan pemakian listriknya.

Kembali pada kasus kerusakan ponsel si murid tadi, arus listrik yang masuk berubah-ubah sesuai dengan pemakaian, berarti letak kerusakan ada di bagian modul rangkaian LCD. Berhubung pada modul ini terdapat sebuah kabel fleksibel yang menghubungkan board atas dengan board bawah, fleksibel tersebut juga harus turut diperiksa. Saat diperhatikan ternyata kabel fleksibel sudah rusak. Setelah diganti ponsel kembali normal.

Berikut ini penjelasan tentang cara mengganti kabel fleksibel Sony Ericsson W705:

Pertama buka batere beserta penutup batere

Ada empat baut yang mesti dibuka

Copot dengan menggunakan obeng T6

Lepas casing belakang

Foto casing yang sudah terlepas

Pisahkan board

Hati hati terdapat fleksibel diantara board tersebut

Posisi fleksibel

Tugas berikut adalah melepas fleksibel.

Buka dua baut yang ada di belakang LCD

Di balik stiker terdapat dua baut lagi

Buka baut

Gunakan kuku untuk memisahkan casing depan

Penutup LCD sudah terlepas

Giliran melepas keypad bagian depan

Ada dua fleksibel dibalik keypad

Foto keypad yang sudah terlepas

LCD yang tipis perlu diangkat dulu dengan menggunakan silet

LCD yang sudah terpisah

Proses pencopotan fleksibel berlangsung

Foto fleksibel yang rusak

Ditulis oleh:

  • Tayung, ST
  • Ridwan , ST
  • Staff Pengajar V-Tiga
  • Pusat Pelatihan Teknisi Ponsel

021-92955593,68269666

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modem GSM 3G/HSDPA Prolink PHS-100

PROLiNK PHS100 3.5G HSDPA USB Modem is a single-band WCDMA and quad-band GSM wide area portable modem supporting all the different frequencies used by WCDMA, HSDPA, EDGE and GSM/GPRS networks worldwide. prolink PHS100 3.5G HSDPA USB modem ini memiliki kekuatan hardware yang cukup baik..... selain itu dalam configurasi pun tidak begitu rumit.... saya memiliki 2 modem jenis ini dan hingga saat ini modem ini tidak terjadi kerusakan yang biasa dijumpai oleh modem modem yang lain.... signal yang cukup baik dan bentuk yang begitu lucu... membuat saya lebih nyaman dalam menggunakannya diluar rumah... tentunya disaat sedang santai di sebuah rumah makan , cafe dan lain sebagainya.... modem ini bisa digunakan oleh semua kartu GSM. dengan harga yang jauh lebih murah tapi manfaatnya ciamik.... di ALNECT KITA DAPAT MEMILIKINYA HANYA DENGAN Rp.740.000 C

How to repair Canon SmartBase MP360

How to repair Canon SmartBase MP360, flashing error code ##345 Other Canon models "may" be repaired with these instructions also, for example MP370, MP390, etc. Try with your own risk. Symptoms: -Grinding noise (very loud) -Flashes error code ##345 Error code ##345 = "BJ cartridge head cleaning error" -reasons for this are: -Foreign material or dried ink in head cleaning unit (also known as "purge unit") , or waste ink pump jammed up. Make sure waste ink pump rotates freely, after cleaning. Clean the waste pump-hose too! Waste ink pump is located under head cleaning system. Short solution: 1.Take apart and wash the ink clogged mechanical parts. Use hot water. 2. Reset waste ink counter What to do (Long version): First, use your head! Dont rush, this operation takes several hours / days to complete! -Take apart the whole printer, so there is only a metal frame left, with couple of paper-rollers, and motors, and the &quo