Langsung ke konten utama

cara ganti LCD javelin

Tips Blackberry” By Vtiga Kursus

Tak bisa dipungkiri lagi akhir-akhir ini BlackBerry merupakan salah satu merek ponsel yang paling banyak diminati oleh masyarakat kita. Sebagai seorang teknisi hp, masalah blackberry yang muncul di pasar pun kian sering kita harus mengikuti perkembangan dari ponsel yang sedang tren, dan harus tahu cara perbaikannya.

Jika kita perhatikan, salah satu ciri khas dari ponsel ini adalah susunan tombol yang menyerupai papan keyboard pada desktop computer (Qwerty) serta juga menggunakan trackball sebagai pengganti joystick-nya. Selain modul LCD Blackberry yang memang mudah pecah, trackball Blackberrry sangat sering rusak, mengingat frekwensi pemakaiannya sangat tinggi. Sewaktu komponen ini bermasalah, trackball blackberry sama sekali tidak merespon, atau mungkin juga malah tidak terkendali.

Untuk memperbaiki trackball, langkah awalnya adalah dengan cara membersihkannya dari kotoran. Jika kerusakan belum teratasi, setelah diperiksa jalurnya, komponen ini perlu diganti.

Pada kesempatan kali ini V-TIGA hendak membahas cara mengganti LCD Blackberry serta Trackball BlackBerry Javeline . Jadi jika suatu saat, anda atau rekan anda mengalami kerusakan seperti ini, lakukan saja sendiri!

Alat yang dibutuhkan hanya obeng T6.

Ada baut di belakang penutup casing, bukalah dengan kuku.

Foto penutup casing yang sudah terbuka.

Baut sudah bisa dibuka. Ada enam buah.

Setelah baut dibuka, lepas casing bagian depan.

Foto bagian casing depan yang terlepas

Selanjutnya tinggal membelah casingnya menjadi dua bagian

Angkat casing

Lepas kabel antenna yang terhubung dengan konektor antenna

Berikutnya lepas konektor fleksibel dengan alat pencungkil

Kemudian angkat board sehabis melepas dua konektor fleksibel lagi yang ada di board

Ponsel terbagi menjadi tiga bagian

Cungkil lagi bagian LCD nya

Selanjutya angkat bagian LCDnya

Gunakan saja kuku untuk melepas LCDnya

Kalau LCD sudah terlepas, anda baru bisa mengangkat trackballnya

Anda bisa mengganti sendiri, mudah bukan?

Ditulis oleh:

-Tayung, ST
-Ridwan , ST
-Staff Pengajar V-Tiga
-Pusat Pelatihan Teknisi Ponsel

021-92955593,68269666

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modem GSM 3G/HSDPA Prolink PHS-100

PROLiNK PHS100 3.5G HSDPA USB Modem is a single-band WCDMA and quad-band GSM wide area portable modem supporting all the different frequencies used by WCDMA, HSDPA, EDGE and GSM/GPRS networks worldwide. prolink PHS100 3.5G HSDPA USB modem ini memiliki kekuatan hardware yang cukup baik..... selain itu dalam configurasi pun tidak begitu rumit.... saya memiliki 2 modem jenis ini dan hingga saat ini modem ini tidak terjadi kerusakan yang biasa dijumpai oleh modem modem yang lain.... signal yang cukup baik dan bentuk yang begitu lucu... membuat saya lebih nyaman dalam menggunakannya diluar rumah... tentunya disaat sedang santai di sebuah rumah makan , cafe dan lain sebagainya.... modem ini bisa digunakan oleh semua kartu GSM. dengan harga yang jauh lebih murah tapi manfaatnya ciamik.... di ALNECT KITA DAPAT MEMILIKINYA HANYA DENGAN Rp.740.000 C

How to repair Canon SmartBase MP360

How to repair Canon SmartBase MP360, flashing error code ##345 Other Canon models "may" be repaired with these instructions also, for example MP370, MP390, etc. Try with your own risk. Symptoms: -Grinding noise (very loud) -Flashes error code ##345 Error code ##345 = "BJ cartridge head cleaning error" -reasons for this are: -Foreign material or dried ink in head cleaning unit (also known as "purge unit") , or waste ink pump jammed up. Make sure waste ink pump rotates freely, after cleaning. Clean the waste pump-hose too! Waste ink pump is located under head cleaning system. Short solution: 1.Take apart and wash the ink clogged mechanical parts. Use hot water. 2. Reset waste ink counter What to do (Long version): First, use your head! Dont rush, this operation takes several hours / days to complete! -Take apart the whole printer, so there is only a metal frame left, with couple of paper-rollers, and motors, and the &quo