Langsung ke konten utama

KAITAN SISTEM INFORMASI KESEHATAN & REKAM MEDIK DENGAN PSIKOLOGI KESEHATAN


Sistem informasi kesehatan dan rekam medik merupakan salah satu konsentrasi bidang ilmu kesehatan masyarakat yang bergerak dibidang system pelaporan rumah sakit dan system informasi kesehatan. Seorang ahli kesehatan masyarakat yang berkonsentrasi dalam ilmu system informasi kesehatan dan rekam medik ini haruslah memiliki keahlian khusus dalam penyampaian informasi kesehatan. Karena dalam hal ini dibutuhkan tekhnik pendekatan yang baik kepada masyarakat agar informasi yang disampaikan tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuan dari penyampaian informasi kesehatan yang diinginkan oleh tenaga SIK RM ini.

Kemudian bagaimana dengan mata kuliah psikologi kesehatan yang diberikan kepada mahasiswa SIK RM??????????

Tekhnik pembelajaran psikologi kesehatan sangat diperlukan oleh mahasiswa yang nantinya akan terjun ke masyarakat. Mungkin materi yang dibahas dan dikupas dalam psikologi kesehatan ini lebih menitikberatkan pada tekhnik pendekatan dan pengenalan masyaraktat serta sifat-sifat yang beaneka ragam dalam berbagai lapisan yang ada dalam masyarakat.

Psikologi yang berkaitan erat dengan ilmu kejiwaan dan tekhnik pengendaliannya ini pun nantinya akan menjadi basic yang sangat bermanfaat dalam mengendalikan masyarakat dalam hal penyampaian informasi yang berkaitan dengan kesehatan dan ilmu kesehatan masyarakat sehingga masyarakat menjadi lebih tahu dan mengerti lebih banyak tentang dunia kesehatan sesuai sasaran dan tujuan dari seorang SIK RM.

Psikologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua suku kata yaitu:

Psiko : jiwa

Logos : ilmu

Jadi psikologi yaitu ilmu tentang prilaku manusia/aktifitas manusia yang merupakan manifestasi dari kehidupan jiwanya. Namun ada beberapa ahli yang mendefinisikan psikologi menurut pendapat mereka masing-masing, seperti: Branca, Williams James, De Crates, Sigmund Freud, dan Thorn Dike.

Jadi baik secara langsung maupun tidak langsung psikologi kesehatan dengan system informasi kesehatan dan rekam medik sangat berkaitan erat dan sangat menunjang karier seorang informan kesehatan. Heterogennya lapisan masyarakat Indoneseaia menyebabkan seorang informan kesehatan masyarakat harus memiliki tekhnik khusus dan trik jitu dalam mempengaruhi masyarakat yang notabennya adalah masih terbelakang sehingga masih sangat sulit dalam menerima informasi dan kemajuan tekhnologi. Dan disinilah peranan psikologi kesehatan sangat dibutuhkan.

Komentar

  1. wah bagus ne... kalau boleh tau aplikasi apa sih yang bagus untuk sik RM...
    mungkin bisa dijabarin lebih detil

    BalasHapus

Posting Komentar

Isi komentar ini dengan bijak dan sopan

Postingan populer dari blog ini

Modem GSM 3G/HSDPA Prolink PHS-100

PROLiNK PHS100 3.5G HSDPA USB Modem is a single-band WCDMA and quad-band GSM wide area portable modem supporting all the different frequencies used by WCDMA, HSDPA, EDGE and GSM/GPRS networks worldwide. prolink PHS100 3.5G HSDPA USB modem ini memiliki kekuatan hardware yang cukup baik..... selain itu dalam configurasi pun tidak begitu rumit.... saya memiliki 2 modem jenis ini dan hingga saat ini modem ini tidak terjadi kerusakan yang biasa dijumpai oleh modem modem yang lain.... signal yang cukup baik dan bentuk yang begitu lucu... membuat saya lebih nyaman dalam menggunakannya diluar rumah... tentunya disaat sedang santai di sebuah rumah makan , cafe dan lain sebagainya.... modem ini bisa digunakan oleh semua kartu GSM. dengan harga yang jauh lebih murah tapi manfaatnya ciamik.... di ALNECT KITA DAPAT MEMILIKINYA HANYA DENGAN Rp.740.000 C

How to repair Canon SmartBase MP360

How to repair Canon SmartBase MP360, flashing error code ##345 Other Canon models "may" be repaired with these instructions also, for example MP370, MP390, etc. Try with your own risk. Symptoms: -Grinding noise (very loud) -Flashes error code ##345 Error code ##345 = "BJ cartridge head cleaning error" -reasons for this are: -Foreign material or dried ink in head cleaning unit (also known as "purge unit") , or waste ink pump jammed up. Make sure waste ink pump rotates freely, after cleaning. Clean the waste pump-hose too! Waste ink pump is located under head cleaning system. Short solution: 1.Take apart and wash the ink clogged mechanical parts. Use hot water. 2. Reset waste ink counter What to do (Long version): First, use your head! Dont rush, this operation takes several hours / days to complete! -Take apart the whole printer, so there is only a metal frame left, with couple of paper-rollers, and motors, and the &quo